Total Tayangan Halaman

Jumat, 15 Agustus 2008

Negara

Merdeka!

Biasanya hari kemerdekaan identik dengan tujuh belasan. Kemudian, tepat pada hari tersebut -bahkan sejak menjelang hari peringatannya pun- orang-orang sibuk berpartisipasi untuk merayakannya. Dengan demikian, dapat disimpulkan jika di bulan Agustus, biasanya semangat nasionalisme seseorang atau bangsa lebih tinggi daripada sebelumnya. Namun, haruskah peringatan kemerdekaan diperingati dengan upacara bendera,lomba-lomba Agustusan, dan sejenisnya?
Sebenarnya menurut Belia apa sih maksud dan makna kemerdekaan itu sendiri? Pasti, sobat Belia punya pendapat sendiri. Menurut pemahaman saya, kemerdekaan merupakan kebebasan seseorang atau sebuah bangsa dalam mengatur dirinya sendiri atau negaranya sendiri dan mendapatkan hak-haknya serta kebebasannya dalam melaksanakan kewajibannya. Misalnya, sebuah negara bebas dari penjajahan pendidikan, ekonomi, poitik, dan sosial. Apakah di negara kita sudah begitu? Walaupun para pelajar masih harus membayar uang sekolah, masyarakat masih terhimpit ekonomi. Namun, kita patut bersyukur dengan keadaan Belia saat ini. Setuju,kan?
Hal yang penting diingat oleh sobat belia semua adalah mempertahankan kemerdekaan lebih sulit daripada merebut kemerdekaan. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita sebagai generasi penerus saat ini mempunyai tanggung jawab untuk mengisi kemerdekaan yang telah diperoleh secara tidak mudah oleh para pahlawan yang telah berjuang di bidangnya masing-masing. Baik dia pahlawan revolusi, pahlawan nasional, maupun pahlawan tanpa tanda jasa.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

tulisan ini kukirimkan ke media cetak. alhmdulillah, dimuat juga akhirnya.