Total Tayangan Halaman

Senin, 05 Januari 2009

had have you care earth?

PEDULI LINGKUNGAN BERARTI PULA PEDULI SESAMA

Permasalahan lingkungan hidup yang sering terjadi di rumah, sekolah, dan masyarakat memang tidak pernah habisnya. Bisa saja hal ini dapat terjadi dikarenakan kurangnya pemahaman kesadaran masing-masing individu dalam menjaga lingkungannya. Pembelajaran lingkungan hidup akan lebih baik bila disertai dengan nilai-nilai keislaman. Adapun nilai-nilai keislaman itu sendiri bersumber dari nilai Al-Qur’an dan hadist.

Banyak anggapan bahwa terminology lingkungan hidup lebih dikenal sebagai kosakata dari peradaban barat, contohnya kata reboisasi, imigrasi, dan masih banyak lagi, sehingga tumbuh anggapan bahwa hanya ahli-ahli dari negara baratlah yang menguasai lingkungan hidup. Masalah lingkungan hidup ini sifatnya inheren sebagai bagian dari kepribadian seorang muslim. Islam merupakan agama yang realitas sebagai pedoman bagi seorang muslim/muslimah untuk mengurus masalah sehari-hari.
Agama pun tidak hanya mengatur ibadah untuk kepentingan tiap-tiap pribadi terhadap Tuhannya, tetapi juga memikirkan dan mengatur kehidupan di masyarakat. Di dalam firman-Nya, Allah swt akan meminta pertanggungjawaban manusia terhadap nikmat yang telah ia dapatkan.di dunia ini pada akhir waktu nanti. Setiap tetes air hujan pun akan diminta pertanggungjawabannya. Oleh karena itu ayo kita jaga dan lestarikan setiap anugerah yang telah diberikan-Nya kepada kita. Coba sobat Belia hitung, sudah berapakah nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kita sampai saat ini? Sungguh tak terhitung banyaknya karunia yang telah kita dapatkan dari-Nya. Lalu, pantaskah kita tidak peduli akan permasalahan lingkungan saat ini? Semoga sobat belia bisa menjawabnya serta melakukannya.

Tidak ada komentar: